Sumpah Pemuda di IKN Nusantara

Oleh : Dr.Isradi Zainal,
Rektor Uniba, Sekjen Forum Rektor PII, Direktur Indeks Survei Indonesia (Insurin)

Jumat 28 Oktober 2022 momen bersejarah terjadi dikawasan IKN. Peringatan sumpah Pemuda digelar setelah beberapa hari sebelumnya digelar sejumlah kegiatan untuk menyambut peringatan tersebut. Acara dibuka oleh Menpora dan dihadiri oleh Gubernur Kaltim dan Pjs.Gubernur Gorontalo, Wakil Ketua Komisi X, Forkopimda, Bupati se Kaltim, pejabat Kemenpora, tokoh masyarakat, Para perwakilan Pemuda seluruh Indonesia dan saya yang ikut hadir sebagai perwakilan tim transisi Otorita IKN.

Saya jadi teringat saat bincang bincang dengan Menpora ketika berkunjung ke Uniba pada hari Jumat 2 bulan sebelumnya. Kebetulan saat itu beliau membuka acara moderasi beragama di Uniba yang dilanjutkan dengan Shalat Jumat bersama. Sehabis shalat, dengan bersarung Pak Menteri dan civitas akademika Uniba dan sejumlah undangan diskusi kecil sambil ngopi terkait peluang kerjasama lanjut Uniba dan Kemenpora.

Saat diskusi beliau juga menyampaikan bahwa Kemenpora merencanakan untuk menyelenggarakan puncak Peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022 di Kota Balikpapan atau Samarinda. Saya lantas menyarankan kenapa tidak digelar di IKN, kan kalau di IKN akan menjadi sejarah tersendiri apalagi jika mengajak Pemuda dan mahasiswa.

Nampaknya apa yang kami sarankan ternyata di follow up dengan melaksanakan acara di titik 0, tapi dengan rencana yang lebih spektakuler karena dirancang menjadi acara kenegaraan. Kami yang awalnya hanya memperkirakan sebagai peringatan sumpah pemuda yang sederhana, ternyata Pak Menpora sangat luar biasa karena mampu menyiapkan acara yang apik dan meriah. Acara berjalan dengan lancar dan sukses, meskipun setelah kami menyampaikan saran untuk bersinergi nampaknya dilupakan Panitia Kemenpora dan dianggap pembicaraan sinergi itu tidak pernah ada. Mereka tidak salah karena tidak mungkin Menpora menyampaikan kalau ide menggelar kegiatan di titik 0 itu adalah ide dari seorang Rektor lokal. Bahkan dalam laporan pelaksanaan kegiatan di titik 0 itu seolah olah itu ide brillian dari mereka.

Kami berkesempatan menghadiri acara peringatan sumpah Pemuda di tanggal 28 Oktober 2022 tersebut karena ditugaskan sebagai perwakilan Otorita IKN. Meski demikian kami pulang lebih cepat karena segera menuju Bandara untuk menghadiri acara Forum Rektor Indonesia (FRI) di Universitas Airlangga.

Bagaimanpun, kegiatan ini merupakan sejarah, karena untuk pertama kalinya di kawasan IKN di selenggarakan Sumpah Pemuda dimana Menpora membuka acara mewakili Presiden yang tidak sempat hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *