Rektor Uniba Dr. IZ Sampaikan Materi ‘Kondisi IKN Nusantara Terkini’ di Untan

Rektor Universitss Balikpapan yang juga Ketua PII Kaltim Dr. Isradi zainal tampil sebagai Narasumber pada webinar nasional Bincang bincang IKN Nusantara dengan materi ‘Kondisi IKN Terkini’. Selain itu tampil Ir. Evawani Ellisa, PhD dari Universitas Indonesia dengan materi ‘Menyoal Perpindahan IKN ke Kaltim’ dan Dr. Gusti Zulkifli dari Universitas Tanjung Pura dengan materi ‘Potensi Bencana Hidrometeorolofis di Kawasan IKN. Hadir sebagai keynote speaker Rifqinizamy Karsayuda Anggota Komisi II DPR RI dengan materi Kupas Tuntas Undang Undang IKN. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjung Pura Dr.Rer. R. Rustamaji (15-2-2022).

Dalam paparannya Isradi zainal yang juga Ketua Komite Penjaminan Mutu Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyampaikan kondisi IKN terkini setidaknya memasuki tahun 2022 yang merupakan momentum di sahkannya RUU IKN menjadi Undang Undang. Isradi lantas menceritakan sejumlah upaya yang dilakukannya pada tanggal 12 Desember 2021 dan di awal tahun 2022 dalam kaitannya dengan IKN. Upaya pertama yang dilakukannya adalah dengan menemui Anggota DPR RI Ir. Kamrussamad di ruangannya yang kebetulan dalam waktu bersamaan ada Rapat Persiapan Pansus IKN. Di sela sela Rapat beliau masih berkesempatan menemui saya. Ir. Kamrussamad adalah anggota DPR RI anggota Pansus IKN DPR RI. Kami menemuinya saat itu karena kebetulan di hari yang sama kami Rektor Uniba diundang oleh Komisi X DPR RI untuk membahas masalah pendidikan khususnya terkait Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) di ruang Komisi X DPR RI.

Pada bincang bincang dengan Pak Kamrussamad tersebut kami sempat menyampaikan sejumlah usulan terkait IKN dari Uniba, PII Kaltim dan Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI). Selanjutnya Kamrussamd menginfokan bahwa Pansus IKN akan berkunjung ke Kaltim untuk melakukan konsultasi publik dan mendapatkan masukan dari warga Kaltim terkait. Beliau lalu memberikan sejumlah nama anggota Pansus asal Kaltim termasuk Ketua Pansus IKN Pak Ahmad Doly Kurnia. Dari hasil koordinasi tersebut, kami berkesempatan untuk menghadiri konsultasi publik di tanggal 11 Januari 2022 di Universitas Mulawarman. Hadir saat itu sejumlah Rektor dan Akademisi di Kaltim. Dari pansus hadir pak Budi Satrio dan Pak Saparuddin. Memasuki konsutasi publik kedua di tanggal 14 Januari 2022 di hotel Novotel, kami tidak sempat hadir karena lagi berada di Makassar, namun sempat bertemu dengan ketua Pansus IKN di Makassar di acara KAHMI pada tanggal 15 Januari 2022 . Pada kesempatan tersebut kami sempat menyampaikan sejumlah aspirasi terkait IKN. Pada tanggal 17 Januari pagi kami masih sempat membawakan materi terkait IKN di Ruang Pola Gubernur Kaltim di depan Forum Doktor Seluruh Indonesia yang tergabung di Forsiladi

Selanjutnya Isradi menyampaikan Pada sore hari 17 Januari 2022,beliau menyaksikan di tivi Pansus IKN mengundang Menteri Bappenas untuk membahas IKN bersama dengan Pansus, hasilnya RUU IKN akan diusulkan ke sidang Paripurna di tanggal 18 Januari 2022 dengan nama IKN Nusantara yang menurut beliau nama itu atas usul Presiden. Rektor uniba tersebut sempat memprotes terkait nama tersebut dan mengirim surat terbuka ke Presiden karena menganggap nama tersebut tidak pernah dibahas sebelumnya dan bahkan Pansus in tidak menyampaikan aspirasi terkait nama IKN. Di tanggal 18 Januari 2022, sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani akhirnya disahkan.

Ditanggal 19 Januari 2022, sehari setalah ditetapkannya UU IKN, sekjen Forum Rektor PII ini bersama sejumlah Rektor dan wakil Rektor yang tergabung dalam Kalimantan University Consortium (KUC) yang teediri dari 24 Universitas menyatakan dukungan terhadap IKN dan siap berkontribusi. Di acara tersebut Isradi menyampaikan sikap bahwa meski kecewa dengan penamaan IKN namun untuk kepentingan yang lebih besar kami bisa memahami keputusan Presiden dan DPR RI, malah kami mendorong agar putra putri Kaltim di beri ruang menjadi tim Otorita. Keesokan harinya di tanggal 20 Januari 2022, Para Rektor dan wakil Rektor yang tergabung dalam Kalimantan University Consortium (KUC) mengunjungi kawasan IKN diantaranya titik 0, kawasan Helipad dan lokasi pembangunan Istana IKN.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemindahan dan penataan IKN Nusantara, bersama Uniba dan Asosiasi Profesi keteknikan masih terus melakukan kegiatan yang menguatkan posisi IKN Nusantara diantaranya menfasilitasi acara seminar ‘Inilah Istana Negara’ yang menghadirkan I Nyoman Nuarta dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Hetifak dihari sabtu tanggal 29 Januari 2022, lalu di tanggal 30 Januari malam kami diundang untuk menjadi Pembicara di hadapan Rektor dan wakil Rektor dari 34 Kampus yang tergabung dalam PTKIN yang membahas IKN Nusantara. Hadir pada kesempatan tersebut Dirjen dan Direktur di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dibulan Pebruari tepatnya tanggal 12 Pebruari 2022, Uniba menyelenggarakan webinar dan deklarasi dukungan terkadap IKN Nusantara dengan Pemateri Rektor Uniba, mantan Rektor UI dan Pembina yayasan DWK. Keesokan harinya 13 Pebruari 2022 berkunjung ke lokasi IKN diantaranya titik 0,kawasan istana, menara dan lokasi heliped IKN. Tanggal 15 Pebruari 2022 menjadi pembicara IKN di Untan yang dilanjutkan siangnya menjadi Pemateri IKN di Karang Melenu Uniba.

Menurut Isradi, kondisi terkini IKN Nusantara pasca ditetapkannya sevagai Undang undang bisa dikatakan bahwa mayoritas nasyarakat Indonesia mendukung, ketidak sepakatan sebagian kecil masyarakat hanya karena miskomunikasi saja, tapi secara prinsip mereka menyetujuinya. Apalagi hampir semua Presiden yang pernah berkuasa lama di indonesia selalu menginginkan pemindahan IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.