IKN Nusantara, Poros Maritim Dunia

Dr. Isradi Zainal,
Rektor Uniba, Sekjen Forum Rektor PII, Wakil Ketua APINDO Kaltim

Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN Nusantara berlokasi Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara dan Kecamatan Samboja Kutai Kertanegara. Gabungan dari kedua kecamatan itu lebih luas dari Jakarta (lebih dari 3 kali lipat). Sepaku dan Samboja merupakan bagian dari Penajam Paser Utara ‘Pa’ dan Kutai kertanegara ‘Kunegara’ (Pakunegara).Dulu lokasi ini merupakan bagian dari Kerajaan Paser dan Kutai Kertanegara. Lokasinya sangat strategis karena jika ditarik garis dari Sabang sampai Marauke maka posisinya pas di tengah. Posisi tengah Indonesia itu diberi tanda sebagai titik 0 atau Pusat Negara atau Pakunegara. Posisi ini diharapakan menjadi Paku atau penguat atau Perekat Nusantara dalam arti sesungguhnya. Baik dalam konteks nusantara kecil (Indonesia) maupun Nusantara besar (Asia tenggara). Dirujuk dari UU IKN, IKN Nusantara ini berlokasi di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara dan Kecamatan Samboja serta sebagian Muara Jawa Kutai Kertanegara. Batas wilayah IKN Nusantara meliputi batas utara: Kecamatan Loa kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sanga Sanga Kabupaten Kutai Kertanegara, Batas selatan: Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Utara, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan utara dan Kecamatan Balikpapan timur Kota. Batas timur dengan Selat Makassar. Dengan memperhatikan batas wilayah, maka IKN Nusantara dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Dengan memperhatikan batas wilayah IKN Nusantara, maka terlihat potensi maritim, Blue city dan Blue economy untuk dikembangkan. Selain itu IKN Nusantara berpotensi menjadi Poros Maritim dunia dan merupakan bagian dari Jalur Tol Laut. Untuk mengoptimalkan potensi ini maka konsep Smart, Green, Forest dan Sustainable city meti dilengkapi dengan konesp blue city. Mengingat potensi air (Laut dan Sungai) di Kaltim sangat mendukung.

Menurut Awang Farouk Ishak, ALKI II merupakan jalur alternatif pelayaran pada lingkup domestik dan Internasional yang sangat potensial untuk dikembangkan. Alur ini sangat baik untuk pelabuhan skala nasional dan Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.