Rektor Unmul, Rektor Uniba, dan Kalimantan University Consortium Bahas IKN

Rektor Unmul Prof Masjaya dan Rektor Uniba Dr. IZ didampingi sejumlah Rektor Pendiri KUC seperti Universitas Pontianak, Universitas Lambang Mangkurat, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Tanjung Pura, dan Politeknik Negeri Pontinak. menjadi Pembicara terkait IKN di sela-sela Rapat Kerja Kalimantan University Consortium (KUC) yang dilaksanakan di Universitas Mulawarmam (Unmul)(19/1/2022).

Adapun tema yang diusung dalam Rapat Kerja ini yakni Memperkokoh Jejaring KUC melalui Implementasi Kampus Merdeka Menyonsong Pembangunan Kawasan IKN sebagai Kebanggaan Kalimantan. Menurut rencana acara akan berlangsung 2 hari (19-20 Januari 2022).Di hari kedua adalah kunjungan ke kawasan inti IKN di Sepaku Kalimantan Timur.

Dalam paparannya Rektor Unmul Prof Masjaya menyampaikan bahwa patut disyukuri oleh warga Kaltim dan Kalimantan karena tanggal 18 Januari 2022, UU IKN sudah disyahkan dengan demikian sebagaian Penajam Paser Utara dan Kutai Negara sudah ditetapkan sebagai IKN. Sebagai UU mungkin banyak kurangnya, tapi yang utama poin inti sudah ditetapkan, kita jangan terjebak dengn hal kecil, masih ada waktu untuk menyempurnakannya.

Sementara itu, Rektor Uniba Dr IZ menyampaikan bahwa dukungan terhadap IKN telah dilakukannya sebelum Kaltim ditetapkan sebagai lokasi IKN baik saat dirinya menjadi Dekan Teknik dan K3 maupun saat sudah jadi Rektor dan semua dilakukannya dalam kapasitas Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim. Sekjen Forum Rektor ini berharap agar IKN bisa menjada kota yang aman, sehat, sejahtera dan bebas dari bencana berbasis Smart, Green, Forest, Blue and Sustainble City. Secara khusus Isradi menyampaikan terkait nama IKN yang oleh Jokowi diberi Nama IKN Nusantara. Menurutnya di tanggal 17 Januari Menteri PPN/Ketua Bappenas menyampaikan nama IKN Nusantara sesuai arahan Jokowi fan tanggal 17 itu juga saya proses dan minta nama IKN dengan Pakunagara sebagai simbolisasi nama kota yang melambangkan Kaltim. Paku merupakan singkatan dari Paser dan Kutai atau Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. Nagara adalah singkatan dari Nagari Rimba Nusantara. Nagari berarti pusat pemerintahan, Rimba berarti Forest city, Nusantara berarti pulau dan antara (laut dan perairan) yang berbasis Green dan Blue city.

Meski demikian sejak DPR RI mengetuk Palu untuk mengesahkan UU IKN ditanggal 18 Januari 2022, kami secara legowo mendukung untuk kepentingan yang lebih besar yakni penetapan IKN. Dari pangalaman nama kota bisa dirubah sebagai mana pengalaman kami saat memperjuangkan perubahan nama ujung Pandang menjadi Makassar.

Pertemuan para Rektor/pimpinan perguruan tinggi yang ada di Kalimantan ini merupakan pertemuan pertama setelah RUU IKN ditetapkan menjadi UU. Para Rektor dan pimpinan universitas komit dalam mengawal dan membangun IKN sesuai Visi misi IKN. Jika visi IKN melenceng wajib diingatkan secara akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.