Rektor Uniba Orasi IKN di hadapan 37 Rektor

Rektor Uniba Dr. Isradi Zainal tampil sebagai pembicara terkait Ibu Kota Negara baru dihadapan 37 Rektor yang tergabung dalam Forum Rektor PTKIN yang berlangsung pada tanggal 30 Januari 2022 di Hotel Grand Senyiur Balikpapan. Acara dihadiri dan dibuka oleh Dirjen Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Ramdhani yang sekaligus tampil sebagai keynote speaker. Selain Isradi tampil juga sebagai pembicara Direktur PTKI Prof. Suyitno. Pada kesempatan tersebut Rektor uniba yang juga ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim meminta Forum Rektor dan Forum wakil Rektor PTKI. Tampil sebagai tuan rumah Rektor UINSI.

Menurut Rektor Uniba permintaan mengawal pemindahan dan penataan IKN itu didasarkan pada keputusan yang sudah diambil yakni menetapkan UU Ibu Kota Negara pada tanggal 18 Januari 2022. Hal ini karena meskipun IKN memiliki visi yang baik tapi bisa saja melenceng kalau tidak di kawal. Sebagai refensi Isradi menyampaikan kepada Forum Rektor PTKI bahwa sangat banyak akademisi yang mendukungbIKN dalam kaitannya dengan visi IKN, baik oleh Forum Dekan Teknik Indonesian (FDTI) maupun Forum Rektor yang tergabung dalam Forum Rektor PII, Firum Rektor Kalimantan University Consortium ( KUC), dll. Bahkan FDTI memiliki konsep pembangunan dan penataan IKN termasuk komsep blue city, dll.

Dalam paparannya Isradi menyampaikan bahwa keputusan untuk memindahkan IKN ke Pakunegara (Penajam Paser utara ‘Pa’ dan Kitai Kertanegara ‘kunegara’) merupaka langkah yang tepat apalagi posisi ‘Pakunegara’ ini berada di tengah Indonesia jika ditarik garis dari Sabang sampai Marauke dan dibanding dengan pulau lain merupakan wilayah yang paling aman terhadap bencana khususnya terkait dengan ring of fire. Selain itu pemindahan IKN sangat baik terkait pemerataan dan tumbuhnya sentra ekonomi baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.