Menteri Nadiem Saksikan Pameran Virtual Unhas, UGM, ITS, Unri dan Uniba pada Harteknas 2021

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi Nadiem Makarim didampingi Dirjen Dikti, Forum Rektor PII , ketum PII dan pengurus inti FDTI dengan dipandu oleh Sekjen FDTI yang juga Sekjen Forum Rektor PII Isradi zainal mengunjungi pameran virtual dalam rangka memeriahkan Hari kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas) ke-26 dan hari kemerdekan RI yang ke 76 setelah sebelumnya membuka kegiatan tersebut secara resmi secara online. Pada kesempatan tersebut Mendikbudristek berkesempatan mengunjungi sejumlah Universitas diantaranya Universitas Hasanuddin, UGM, ITS, Universitas Riau dan Universitas Balikpapan (Uniba). Sebenarnya Menteri Nadiem ingin menyaksikan Pameran virtual dari 28 Universitas dan 2 dari Ditjen Dikti, tapi karena ada acara lain yg meningga sehingga dipilih 5 Universitas sebagai representasi, Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Kalimantan(19/8/2021)

Menurut Nadiem, Kemendikbudristek membangun jembatan agar gotong royong dunia akademik dan dunia industri bisa terwujud. Terobosan sederhana dilakukan dengan membuat platform Kedaireka yang mempertemukan peneliti dari perguruan tinggi (PT) dan industri untuk menjalankan riset bersama.

Ada juga dana padanan (matching fund). Di program ini, tiap satu rupiah yang dikeluarkan industri untuk mendukung riset di PT, mendapat dana satu rupiah dari dana padanan Kemendikbudritek.

Sementara itu, Ketua Umum FDTI Nizam mengatakan, pameran virtual ini menggambarkan semangat dari Fakultas Teknik dari berbagai perguruan tinggi untuk
bergotong royong dalam menghadirkan inovasi sehingga memperkuat semangat bangga buatan Indonesia. Berbagai karya dari kampus yang ditampilkan sebagian sudah diproduksi, yang lainnya masih mencari mitra untuk penghiliran/diproduksi.

Ketua Umum PII Heru Dewanto mengatakan, pandemi sesungguhnya ujian terhadap ketahanan negara. Pandemi meruntuhkan berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, situasi yang belum ada presedennya sehingga butuh solusi yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

Menurut wakil Ketua BKM PII Isradi zainal, kedepan FDTI, PII dan Forum Rektor PII akan menggelar Pekan ‘Hakteknas Merdeka’ yang akan dilaksanan setiap tahun tepatnya tanggal 10-17 Agustus. Dalam waktu dekat akan digelar kegiatan terkait sekaligus MoU antar FDTI, PII dan Forum Rektor PII untuk bersinergy dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya meningkatkan mutu Pendidikan teknik dan keinsinyuran di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.